Adscamp

Jumat, 01 Juli 2011

rpp b, jawa kls 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Negeri 2 jumo
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas                           : V (Lima)
Semester                      : I (Satu)

Standar Kompetensi
Mendengarkan
         Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.

Kompetensi Dasar
Mendengarkan ungkapan teman tentang suatu peristiwa 

Indikator
·         Mengungkapkan kembali cerita atau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu
·         Menyampaikanpertanyaan / tanggapan

Alokasi waktu      : 1 x 35 menit (1 pertemuan).
A.    TujuanPembelajaran
·         Murid mampu membaca dan mengucapkan kata-kata dengan lafal dan nada yang tepat.
·         Murid mampu mengucapkan salam dengan bunyi lafal dan nada yang tepat.
·         Murid mampu menjawab pertanyaan dengan benar.

B.     Materi Ajar
          Teks ungkapan / cerita teman tentang suatu peristiwa

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
·         Terintegarasi dan kontekstual
·         Student Active Learning (SAL).
D.    Langkah-langkah Kegiatan
          Pertemuanpertama

KegiatanAwal
            Guru mengulang pelajaran pada semester lalu.
Kegiatan Inti
·         Mendengarkanceritatemantentangsuatuperistiwa
·         Menceritakankembalicerita yang didengardalamragambahasa yang digunakan
·         Memberitanggapantentangcerita yang didengarnya
·         Meringkas cerita yang didengarnya dalam bentuk tulis.
KegiatanPenutup
·         Menjawabpertanyaan-pertanyaanlisan.
·         Membahas jawaban bersama-sama

E.     Sumber/Bahan Relajar
·         Buku Remen Jawa.
·         Kaset
·         Lembar Verja Siswa (LKS).
·         Kartu  Jawa.
·         Gambar.

F.    
Juo, ...........................

Guru Bahasa Jawa



Sri Rahayu, S.Pd.
NIP. 19650906 198405 2 001
 
Penilaian
Teknik                   :Pelafalan, nada, dan artikulasi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Negeri 2 jumo
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Kelas                           : V (Lima)
Semester                                  : I (Satu)

Standar Kompetensi
Berbicara:
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.

Kompetensi Dasar
Menanggapi persoalan faktual

Indikator
·     Mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman
·     Mengajukanpertanyaansesuaitopic

Alokasi waktu                        :           1 x 35 menit (1 pertemuan).
A.    Tujuan Pembelajaran
1. Murid mampu melafalkan kosa kata dengan benar.
2. Murid mampu melakukan instruksi dengan tepat.
3. Murid mampu menuliskan kata yang didengarnya dengan Aksara Jawa.

B.     Materi Ajar
Berita faktual
C.    Pendekatan dan MetodePembelajaran
1.      Terintegrasi dan kontekstual.
2.      Student Active Learning (SAL).

D.    Langkah-langkahKegiatan
Pertemuankedua
1.      KegiatanAwal
Gurumengulangipelajaran pada sesipertama.

2.      Kegiatan Inti
·    Mendengarkan teman yang mengungkapkan persoalan factual
·    Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman
·    Menanggapi beberapa pokok persoalan yang dikemukakan teman
3.      KegiatanPenutup
a.       Menjawabpertanyaan-pertanyaan yang berkaitandengankosa kata yang didengardenganAksaraJawa.
E.     Sumber/Bahan Relajar
1.      Buku Remen Jawa.
2.      Kaset.
3.      LembarKerjaSiswa (LKS).
4.      KartuJawa.
5.      Gambar.
F.Penilaian
Teknik                               :           Pelafalan, nada, dan artikulasi.


Jumo , ...........................

Guru Bahasa Jawa



Sri Rahayu, S.Pd.
NIP. 19650906 198405 2 001
 
 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SD Negeri 2 jumo
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Kelas                           : V (Lima)
Semester                                  : I (Satu)

Standar Kompetensi
3. Membaca                            :       Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.

Kompetensi Dasar
Membaca bersuara

Indikator
·     Membacabersuaradenganmenggunakanlafaldanintonasi yang tepat
·     menyimpulkanisibacaan

Alokasi waktu                        :           1 x 35 menit (1 pertemuan).

A.    Tujuan Pembelajaran
1. Murid mampu menceritakan tentang keadaan kamar.
2. Murid mampu menyebutkan benda-benda yang ada di dalam kamar.
3. Murid mampu bertanya jawab dengan guru dan teman.

B.     Materi Ajar
Teks bacaan / pidato

C.    Pendekatan dan MetodePembelajaran
1. Terintegrasi dan kontekstual.
2. Student Active Learning (SAL).

D.    Langkah-langkahKegiatan
Pertemuanketiga
1. KegiatanAwal
Gurumengulangpelajaran pada sesikedua.
2. Kegiatan Inti
· Membacatekspidatodenganmenggunakanlafal dan intonasi yang benar
· Menilai teman dalam membacakan teks pidato
· Menulis pidato dalam bentuk sederhana
3. KegiatanPenutup
Menjawabpertanyaangurudenganucapan yang benar.

E.     Sumber/Bahan Relajar
1. Buku Remen Jawa.
2. Kaset.
3. LembarKerjaSiswa (LKS).
4. KartuJawa.
5. Gambar.
6.  
F.     Penilaian
Jumo, ...........................

Guru Bahasa Jawa



Sri Rahayu, S.Pd.
NIP. 19650906 198405 2 001
 
Teknik                               :           Pertunjukan





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer

Share it